PENGGUNAAN MEDIA WAYANG FANTASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Rina Institut Agama Islam Muhammad Azim Jambi
  • Nadiyah
  • Fitriah
  • Mastikawati

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6762

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan media wayang fantasi di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Fajri, Tanjung Jabung Timur. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan meliputi kemampuan anak dalam menceritakan kembali dongeng dan menyebutkan kata- kata yang dikenal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kedua kemampuan. Pada akhir Siklus II, sebanyak 75% anak mencapai kategori BSB dalam menceritakan kembali dongeng, dan 83% anak mencapai kategori BSB dalam menyebutkan kata-kata yang dikenal. Temuan ini menunjukkan bahwa media wayang fantasi efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak melalui pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini mendukung teori konstruktivisme dan kecerdasan majemuk, serta memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan media pembelajaran kreatif berbasis budaya lokal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media wayang fantasi efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Oleh karena itu, disarankan agar guru dan orang tua lebih aktif dalam menggunakan media kreatif seperti wayang untuk mendukung perkembangan bahasa anak, sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan membangun keterampilan sosial yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Rina, Nadiyah, Fitriah, & Mastikawati. (2025). PENGGUNAAN MEDIA WAYANG FANTASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI. Irfani, 21(1), 296–303. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6762