PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK BERCERITA DALAM MENSTIMULASI ANAK SPEECH DELAY

Penulis

  • Rika Wati Institut Agama Islam Muhammad Azim Jambi
  • Mastikawati
  • Azwir
  • Raoda Tul Jannah Maruddani

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6763

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media celemek bercerita dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak usia 4–5 tahun yang mengalami speech delay di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Muaro Jambi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya stimulasi bahasa sejak dini, terutama bagi anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara, agar perkembangan bahasa dan sosial mereka dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media celemek bercerita memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan bicara anak speech delay. Terjadi peningkatan skor rata-rata dari 48,3% pada siklus I menjadi 86% pada siklus III. Media ini terbukti mampu menstimulasi anak dalam mengembangkan keterampilan bercerita, pengucapan huruf, dan angka. Dengan demikian, media celemek bercerita dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam membantu perkembangan bahasa anak dengan speech delay.

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Rika Wati, Mastikawati, Azwir, & Raoda Tul Jannah Maruddani. (2025). PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK BERCERITA DALAM MENSTIMULASI ANAK SPEECH DELAY. Irfani, 21(1), 304–312. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6763