KOTAK LITERASI SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN TER DIFERENSIASI

Penulis

  • Melviana Safitri Institut Agama Islam Muhammad Azim Jambi
  • Raoda Tul Jannah Maruddani
  • Kaspul Anwar
  • Fitriah

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6764

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Roudhotu Ash Shibyan Kota Jambi. Jumlah peserta didik di TK Roudhotu Ash Shibyan adalah 15 anak, 5 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa perkembangan kemampuan literasi anak belum berkembang dengan baik. Metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah PTK, tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar secara praktis. Penelitian tindakan kelas berfokus pada kelas atau pada proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Roudhotu Ash Shibyan Kota Jambi meningkat menggunakan alat permainan edukatif kotak literasi dengan pembelajaran terdiferensiasi, hal ini dibuktikan dengan akhir siklus II tindakan III bahwa lingkup perkembangan dasar-dasar literasi dengan deskripsi capaian perkembangan anak mampu menyimak, memiliki kesadaran akan pesan teks, alfabet, dan fonemik, mampu mengutarakan pertanyaan dan gagasannya, mampu menggunakan bahasanya untuk kemampuan kerjasama, maka tidak ada anak yang BB (Belum Berkembang), tidak ada anak anak yang MB (Mulai Berkembang), anak yang BSH (Berkembang Sesuai Harapan) ada 20%, anak yang BSB (Berkembang Sangat Baik) ada 80%.

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Melviana Safitri, Raoda Tul Jannah Maruddani, Kaspul Anwar, & Fitriah. (2025). KOTAK LITERASI SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN TER DIFERENSIASI. Irfani, 21(1), 285–295. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6764

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama