PENERAPAN METODE SAINS SEDERHANA HUJAN PELANGI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6798Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui Metode Sains Hujan Pelangi di TK Kasih Bunda. Kemampuan kognitif pada usia dini sangat penting dalam membangun dasar berpikir logis, pemecahan masalah, dan pemahaman konsep sains. Metode Sains Hujan Pelangi diterapkan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melibatkan 15 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan tindakan, kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun masih rendah dengan persentase sebesar 29,44%. Setelah penerapan Metode Sains Hujan Pelangi, terjadi peningkatan yang signifikan di setiap tahapan penelitian. Pada siklus I, persentase perkembangan kemampuan kognitif meningkat dari 33,33% (pertemuan I), 43,33% (pertemuan II), hingga 58,89% (pertemuan III). Peningkatan berlanjut pada siklus II, yaitu 69,44% (pertemuan I), 80,00% (pertemuan II), hingga mencapai 89,40% (pertemuan III). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Sains Hujan Pelangi efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Bunda. Oleh karena itu, metode ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran sains untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak usia dini