PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MODEL SUPERVISI JARAK JAUH UNTUK GURU DI DAERAH TERPENCIL
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6819Kata Kunci:
supervision, remote, technology, teacher qualityAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas supervisi jarak jauh berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pembinaan guru di daerah terpencil. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kombinasi library research dan survei. Subjek penelitian terdiri dari 60 guru dan kepala sekolah yang terlibat dalam supervisi berbasis teknologi. Data dikumpulkan melalui angket berbasis Skala Likert untuk mengukur persepsi responden terhadap pemanfaatan teknologi dalam supervisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi jarak jauh memiliki keunggulan dalam meningkatkan aksesibilitas, efisiensi waktu dan biaya, serta dokumentasi supervisi yang lebih sistematis. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, variasi keterampilan digital guru, serta kurangnya interaksi personal dibandingkan supervisi konvensional. Dari hasil survei, diperoleh rata-rata respon guru dan kepala sekolah sebesar 78,19 yang menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki persepsi positif terhadap implementasi supervisi jarak jauh berbasis teknologi. Oleh karena itu, strategi supervisi yang mengintegrasikan metode jarak jauh perlu dikembangkan untuk mengoptimalkan efektivitas supervisi pendidikan dan meningkatkan profesionalisme guru, terutama di daerah yang memiliki keterbatasan akses.