STRATEGI PENINGKATAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN LITERATUR

Penulis

  • Ahmad Mulyono Politeknik Kesehatan Genesis Medicare

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6827

Kata Kunci:

moral, Pengembangan Karakter Siswa, akhlak, siswa, Peserta Didik

Abstrak

Artikel ini membahas strategi peningkatan moral peserta didik sebagai upaya menjawab tantangan degradasi moral di kalangan pelajar dan masyarakat. Fenomena degradasi moral disebabkan oleh adanya dikotomi ilmu dan moral, serta melemahnya pengikatan terhadap agama, kurangnya pembinaan moral oleh keluarga, sekolah, dan masyarakat, kuatnya pengaruh budaya materialistis–hedonistis–sekularistis, serta rendahnya komitmen pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis konsep moral dan akhlak dalam perspektif pendidikan Islam, serta merumuskan strategi yang efektif dalam penerapannya di lingkup sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembinaan moral perlu memperhatikan tiga unsur menurut Lickona—pemahaman, perasaan, dan tindakan moral—yang dipadukan dengan keimanan sebagai landasan. Strategi yang direkomendasikan meliputi keteladanan, pendidikan, dan dakwah, yang diimplementasikan melalui model mata pelajaran terpisah, pembelajaran terintegrasi, kegiatan ekstrakurikuler, model gabungan, penguatan budaya sekolah, serta sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan. Upaya yang terencana dan kolaboratif diyakini mampu melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia.

Kata kunci: moral, akhlak, pendidikan Islam, strategi, peserta didik

Diterbitkan

2025-08-20

Cara Mengutip

Ahmad Mulyono. (2025). STRATEGI PENINGKATAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN LITERATUR. Irfani, 21(2), 684–698. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6827