MENGGALI PRAKTIK LITERASI RESEPTIF ANAK USIA DINI DI RUMAH: PERSPEKTIF ORANG TUA

Penulis

  • Ajeng Fitri Untariana Universitas Negeri Jakarta
  • Fatimah Noor Isnaini
  • Endah Windiastuti

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6839

Kata Kunci:

Orang Tua, Anak Usia Dini, Literasi Reseptif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orangtua dalam upaya pengembangan literasi reseptif bagi anak usia dini pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh orang tua dirumah untuk meningkatkan kemampuan literasi reseptif anak usia dini adalah dengan menggunakan  media berupa aplikasi dan video animasi yang diputarkan dalam smartphone atau layar televisi. Selain itu orangtua dapat menuliskan nama benda pada benda-benda yang ada di dalam rumah. Media lain yang dapat digunakan adalah menempelkan huruf dan gambar pada dinding untuk mengenalkan berbagai macam huruf pada anak. Orangtua juga dapat menjadikan saudara yaitu kakak dan adik sebagai motivasi anak dalam belajar membaca dan menyimak. Kesadaran orang tua mengenai pentingnya budaya literasi dapat membantu mengoptimalkan kemampuan anak terutama ketika banyak waktu dihabiskan bersama orangtua dirumah.  

Diterbitkan

2025-08-27

Cara Mengutip

Untariana, A. F., Fatimah Noor Isnaini, & Endah Windiastuti. (2025). MENGGALI PRAKTIK LITERASI RESEPTIF ANAK USIA DINI DI RUMAH: PERSPEKTIF ORANG TUA. Irfani, 21(2), 744–756. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6839