INTEGRATING UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING AND DIGITAL TECHNOLOGY: ADVANCING INCLUSIVE EDUCATION IN THE 21ST CENTURY
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6841Kata Kunci:
Universal Design for Learning, Teknologi Digital, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Abad ke-21Abstrak
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengkaji secara komprehensif integrasi prinsip Universal Design for Learning (UDL) dan teknologi digital dalam konteks pendidikan inklusif abad ke-21 melalui tinjauan literatur naratif. Penelitian ini menggunakan metode narrative literature review dengan pendekatan kualitatif dan eksploratif. Sumber data terdiri dari 15 artikel jurnal internasional yang dipublikasikan antara tahun 2023-2025. Instrumen penelitian berupa lembar ekstraksi data yang dikembangkan secara manual untuk mengumpulkan informasi dari setiap artikel. Analisis data menggunakan analisis tematik kualitatif dengan pendekatan deduktif yang mengacu pada kerangka teoritis UDL. Hasil Penelitian ini sebagai berikut: (1) Pengetahuan dan sikap pendidik terhadap inklusi yang masih terbatas dan tidak konsisten; (2) Keterbatasan struktural dan kebijakan yang menghambat implementasi pendidikan inklusif; (3) Peran teknologi digital dalam mendukung penerapan UDL untuk menciptakan pembelajaran yang fleksibel dan adaptif; dan (4) Isu akses dan keadilan sosial dalam pendidikan tinggi, khususnya bagi kelompok rentan seperti pengungsi dan penyandang disabilitas. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa pendidikan inklusif abad ke-21 tidak dapat dipisahkan dari transformasi digital dan paradigma desain pembelajaran fleksibel seperti UDL. Teknologi diposisikan bukan hanya sebagai alat bantu, tetapi sebagai fondasi struktural untuk merancang pembelajaran yang responsif terhadap keragaman. Pendekatan berbasis kualitas hidup, kecerdasan budaya, dan pengakuan terhadap konteks sosio-politik peserta didik menjadi elemen kunci dalam pengembangan sistem pendidikan yang inklusif secara substantif.