MANAJEMEN PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI BERBASIS E-KINERJA DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TAKALAR
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.6891Kata Kunci:
Manajemen, Kinerja, Peningkatan Kinerja, E-KinerjaAbstrak
Penelitian ini mengkaji bagaimana Manajemen Peningkatan Kinerja Pegawai Berbasis E-Kinerja Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. Fokus utamanya adalah Manajemen peningkatan kinerja pegawai serta identifikasi faktor pendukung dan penghambat yang muncul. Mengunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara,observasi, dan dokumentasi dari informan kepala dinas dan pegawai. Analisis data melalui tahapan tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Keabsahan data diperiksa menggunakan Teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses planning, penyusunan SKP hingga rencana aksi dilakukan berdasarkan arahan atasan. Dengan demikian mampu meningkatan kinerja pegawai, terutama dalam hal kedisiplinan, dan kejelasan kerja. 2) Proses actuating ini menunjukkan proses yang terstruktur, dengan demikian, adanya sistem E-Kinerja memberikan dampak secara signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai, khususnya dalam aspek tanggung jawab, dan kualitas pelaksanaan tugas. 3) Proses controlling menunjukkan bahwa penilaian, pemberian umpan balik, serta tindak lanjut terstrukur yang mendukung peningkatan kinerja pegawai. Namun demikian, terdapat kendala teknis seperti lambatnya akses system saat digunakan secara bersamaan. Secara keseluruhan, E-Kinerja ini berjalan sesuai dengan yang ditetapkan sehingga mampu mendorong peningkatan kinerja pegawai, meskipun masih perlu dilakukan perbaikan serta pemberian pelatihan dalam penggunaan E-Kinerja agar lebih optimal.