STRATEGI PTKI DALAM MEMBANGUN GENERASI BERWAWASAN MODERAT: URGENSI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Penulis

  • Yundri Akhyar UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.6906

Kata Kunci:

Moderasi Beragama, Indonesia Emas.

Abstrak

Untuk mendukung Visi Indonesia Emas 2045, Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sangat penting dalam membentuk generasi dengan wawasan moderat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari peran strategis PTKI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi, keseimbangan, dan keadilan kepada siswa. Selain itu, pendidikan moderasi beragama sangat penting untuk mengatasi tantangan ekstremisme agama, intoleransi, dan pluralitas budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur yang berfokus pada peran PTKI dalam mengintegrasikan moderasi agama ke dalam kurikulum pendidikan, kolaborasi kelembagaan, dan pengembangan karakter dan pendidikan multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PTKI memiliki peran penting sebagai agen perubahan dalam membawa perubahan ke dalam sistem pendidikan. Pendidikan moderasi beragama membantu menangkal ekstremisme agama dan menciptakan stabilitas sosial di tengah pluralitas agama dan budaya Indonesia. Program pendidikan moderasi beragama yang diterapkan oleh PTKI telah berhasil menanamkan nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan kebersamaan dalam pembentukan generasi yang akan berkontribusi pada tujuan Indonesia Emas 2045.

Diterbitkan

2025-10-10

Cara Mengutip

Akhyar, Y. (2025). STRATEGI PTKI DALAM MEMBANGUN GENERASI BERWAWASAN MODERAT: URGENSI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA MENUJU INDONESIA EMAS 2045. Irfani, 21(3), 968–982. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.6906