Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Bimbingan Skripsi Di Perguruan Tinggi Kota Makassar

Penulis

  • Sri Rahayu Fadliyah Universitas Negeri Makassar
  • Faridah Universitas Negeri Makassar
  • Sumarlin Mus Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.6938

Kata Kunci:

Persepsi Mahasiswa, Layanan Bimbingan Skripsi, Kualitas Layanan

Abstrak

Peningkatan kualitas layanan bimbingan skripsi di perguruan tinggi merupakan aspek krusial dalam mendukung kelancaran studi dan keberhasilan akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan bimbingan skripsi , dengan berfokus pada lima dimensi SERVQUAL, yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Instrumen berupa angket tertutup disusun dalam bentuk skala semantic diferensial 10 poin, terdiri dari 34 item pernyataan, dan disebarkan secara daring kepada 327 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi mahasiswa berada dalam kategori baik sekali pada hampir seluruh dimensi layanan. Dimensi Tangibles dinilai baik sekali, mencerminkan tersedianya ruang bimbingan yang memadai, pedoman skripsi yang lengkap, dan penggunaan media komunikasi digital yang efektif. Dimensi Reliability juga menunjukkan penilaian baik sekali, mengindikasikan konsistensi dan ketepatan dosen dalam menjalankan tugas bimbingan. Dimensi Responsiveness  berada pada kategori baik, menandakan bahwa dosen cukup tanggap dalam memberikan respon dan meluangkan waktu untuk mahasiswa. Dimensi Assurance memperoleh nilai tertinggi kategori baik sekali, menunjukkan adanya kepercayaan mahasiswa terhadap kompetensi, integritas, dan profesionalisme dosen pembimbing. Sementara itu, dimensi Empathy juga dinilai baik sekali, menggambarkan perhatian, kepedulian, dan kemampuan dosen dalam memahami kondisi mahasiswa. Secara keseluruhan, hasil ini mengindikasikan bahwa layanan bimbingan skripsi telah memenuhi ekspektasi mahasiswa, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, terutama pada dimensi Responsiveness.

 

Diterbitkan

2025-10-10

Cara Mengutip

Sri Rahayu Fadliyah, Faridah, & Sumarlin Mus. (2025). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Bimbingan Skripsi Di Perguruan Tinggi Kota Makassar. Irfani, 21(3), 990–1001. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.6938