IMPLEMENTASI KURIKULUM MU’ADALAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN RAFAH)
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.6982Kata Kunci:
Implementasi, Kurikulum, Mu’adalah, Pondok PesantrenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Imlementasi kurikulum mu’adalah di pondok pesantren Rafah, untuk mengetahui apa saja Macam kurikulum maupun dampak dari implementasi kurikulum mu’adalah itu sendiri. Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini adalah Direktur Mu’adalah, Staff Kurikulum, Pengasuhan Santri, dan guru. Hasil penelitian menemukan bahwa: Implementasi kurikulum mu’adalah di pondok pesantren Rafah ini tidak hanya berfokus pada Kegiatan intrakurikuler saja, akan tetapi juga berfokus pada Extrakurikuler dan Ko-kurikuler, dan dampak dari implementasi kurikulum mu’adalah yaitu terintegrasinya kurikulum muadalah secara maksimal baik intrakurikuler, extrakurikuler maupun ko-kurikuler pada tri pusat pendidikan yaitu pesantren sebagai pendidikan sekolah, pendidikan keluarga dan pendidikan masyarakat.