IMPLEMENTASI KURIKULUM MU’ADALAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN RAFAH)

Penulis

  • Sofwan Manaf Universitas Darunnajah
  • Muhammad Irfanudin Kurniawan Universitas Darunnajah
  • Muchammad Ibnu Muzakir Universitas Darunnajah
  • Muhammad Daffa Akbar Alfarisi Universitas Darunnajah

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.6982

Kata Kunci:

Implementasi, Kurikulum, Mu’adalah, Pondok Pesantren

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Imlementasi kurikulum mu’adalah di pondok pesantren Rafah, untuk mengetahui apa saja Macam kurikulum maupun dampak dari implementasi kurikulum mu’adalah itu sendiri. Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini adalah Direktur Mu’adalah, Staff Kurikulum, Pengasuhan Santri, dan guru. Hasil penelitian menemukan bahwa: Implementasi kurikulum mu’adalah di pondok pesantren Rafah ini tidak hanya berfokus pada Kegiatan intrakurikuler saja, akan tetapi juga berfokus pada Extrakurikuler dan Ko-kurikuler, dan dampak dari implementasi kurikulum mu’adalah yaitu terintegrasinya kurikulum muadalah secara maksimal baik intrakurikuler, extrakurikuler maupun ko-kurikuler pada tri pusat pendidikan yaitu pesantren sebagai pendidikan sekolah, pendidikan keluarga dan pendidikan masyarakat.

Diterbitkan

2025-10-29

Cara Mengutip

Manaf, S., Kurniawan, M. I., Muzakir, M. I., & Alfarisi, M. D. A. (2025). IMPLEMENTASI KURIKULUM MU’ADALAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN RAFAH). Irfani, 21(3), 1083–1093. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.6982

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama