H HUBUNGAN PENGUASAAN MUFRADAT DAN QUWAID TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARAB SISWA MAN 2 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.7045Abstrak
Bahasa Arab memegang peranan penting dalam pendidikan, tetapi banyak siswa mengalami kesulitan menulis akibat lemahnya penguasaan tata bahasa dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penguasaan mufradat (kosakata) dan qawaid (tata bahasa) terhadap kemampuan siswa menulis bahasa Arab. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel terdiri dari 31 siswa yang menjawab angket yang berisi 30 pernyataan dan tes untuk mengukur penguasaan kosakata, qawaid, dan keterampilan menulis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas (Cronbach's alpha), dan korelasi Pearson. Semua item angket dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74,2% siswa memiliki penguasaan kosakata yang baik, 83,9% memiliki pemahaman qawaid yang baik, dan 61,3% memiliki keterampilan menulis yang baik. Uji korelasi menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,691 yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dan qawaid dengan kemampuan menulis. Temuan ini menegaskan pentingnya penguasaan pemahaman dan tata bahasa sebagai dasar pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif, serta mendorong siswa untuk aktif memperluas wawasan dan memahami qawaid, sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab secara akurat dan komunikatif.