H HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN ILMU PENDIDIKAN: AKAR FILOSOFIS DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI QURAN HADITS

Penulis

  • Mutia Dewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • M Sirozi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Abdurrahmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Sri Safrina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.7082

Kata Kunci:

Filsafat, Ilmu Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Quran Hadits

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara filsafat dan ilmu pendidikan sebagai akar filosofis dalam praktik pendidikan agama Islam, khususnya pada materi Al-Quran dan Hadits. Kajian ini menyoroti pentingnya pemahaman nilai-nilai filosofis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta menanamkan makna spiritual dan etis yang mendalam pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan analisis konseptualisasi untuk menggali landasan filsafat yang relevan dengan praktik pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi prinsip-prinsip filsafat dalam ilmu pendidikan mampu memperkaya metode pengajaran, sehingga pembelajaran materi Al-Quran dan Hadits tidak hanya bersifat hafalan, tetapi juga membentuk karakter dan pemahaman yang autentik dan bertanggung jawab secara moral.

Diterbitkan

2025-11-18

Cara Mengutip

Mutia Dewi, M Sirozi, Abdurrahmansyah, & Sri Safrina. (2025). H HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN ILMU PENDIDIKAN: AKAR FILOSOFIS DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI QURAN HADITS . Irfani, 21(3), 1186–1200. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.7082