H HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN ILMU PENDIDIKAN: AKAR FILOSOFIS DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI QURAN HADITS
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.7082Kata Kunci:
Filsafat, Ilmu Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Quran HaditsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara filsafat dan ilmu pendidikan sebagai akar filosofis dalam praktik pendidikan agama Islam, khususnya pada materi Al-Quran dan Hadits. Kajian ini menyoroti pentingnya pemahaman nilai-nilai filosofis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta menanamkan makna spiritual dan etis yang mendalam pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan analisis konseptualisasi untuk menggali landasan filsafat yang relevan dengan praktik pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi prinsip-prinsip filsafat dalam ilmu pendidikan mampu memperkaya metode pengajaran, sehingga pembelajaran materi Al-Quran dan Hadits tidak hanya bersifat hafalan, tetapi juga membentuk karakter dan pemahaman yang autentik dan bertanggung jawab secara moral.