P PENGERTIAN, KEDUDUKAN, CAKUPAN, TUJUAN PERBANDINGAN PENDIDIKAN DAN HISTORI SERTA LANDASAN HISTORI PENDIDIKAN DI INONESIA

Penulis

  • Indah Siti Nurhalizah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Pitriani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Saipul Annur UIN Raden Fatah Palembang
  • Ade Rosad UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.7085

Kata Kunci:

Perbandingan Pendidikan, Sistem Pendidikan, Histori Pendidikan

Abstrak

Kajian perbandingan pendidikan mempelajari persamaan, perbedaan, dan faktor yang mempengaruhi sistem pendidikan di berbagai negara. Kajian ini penting untuk memahami dinamika pendidikan global sekaligus mendukung penyusunan kebijakan nasional. Fokus utama adalah mengidentifikasi persamaan dan perbedaan sistem pendidikan serta memahami faktor historis dan kontekstual yang membentuk kebijakan tersebut. Penelitian ini menganalisis literatur dan jurnal nasional serta internasional yang relevan, termasuk sejarah pendidikan di Indonesia. Hasilnya menunjukkan pendidikan tidak hanya untuk analisis, tetapi juga membantu mengadaptasi praktik terbaik sesuai konteks sosial, budaya, dan politik Indonesia. Aspek yang dikaji meliputi filosofi pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, kebijakan, struktur pendidikan, serta faktor eksternal seperti ekonomi dan budaya. Dari masa prakolonial hingga era reformasi, pendidikan berperan dalam memperkuat nilai budaya, pembangunan sumber daya manusia, dan pembentukan identitas nasional. Studi ini menekankan pentingnya mengintegrasikan pelajaran dari negara lain dengan mempertahankan ciri khas Indonesia untuk kebijakan yang efektif dan berkelanjutan

Diterbitkan

2025-11-18

Cara Mengutip

Indah Siti Nurhalizah, Pitriani, Saipul Annur, & Ade Rosad. (2025). P PENGERTIAN, KEDUDUKAN, CAKUPAN, TUJUAN PERBANDINGAN PENDIDIKAN DAN HISTORI SERTA LANDASAN HISTORI PENDIDIKAN DI INONESIA. Irfani, 21(3), 1201–1215. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.7085