Implementasi Ujian Pendidikan Agama Islam Berbasis CBT dalam Program One Student One Laptop di MTs. Zainul Hasan Balung

Authors

  • Imron Fauzi Universitas Al Falah Assunniyyah Kencong Jember, Indonesia
  • Dhevin M.Q Agus Puspita W Universitas AL Falah As Sunniyyah Kencong Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6669

Keywords:

Ujian Berbasis Komputer; Pendidikan Agama Islam; One Student One Laptop; Literasi Digital; Inovasi Madrasah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya studi mengenai implementasi ujian berbasis komputer (CBT) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), padahal fenomena ini memiliki dampak signifikan terhadap transformasi pembelajaran digital di lingkungan madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi digital diintegrasikan dalam evaluasi pembelajaran PAI melalui program One Student One Laptop (OSOL) di MTs Zainul Hasan Balung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan informan kunci yang dipilih melalui purposive sampling, yaitu kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, kepala program kelas unggulan, guru PAI, operator IT, dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CBT dalam program OSOL meningkatkan efisiensi, objektivitas, dan literasi digital dalam evaluasi PAI. Selain itu, program ini berdampak positif terhadap gaya mengajar guru, keterlibatan siswa, serta kepercayaan wali murid terhadap sistem evaluasi digital. Temuan ini sejalan dengan tujuan penelitian dan mendukung integrasi prinsip evaluasi modern dalam pendidikan agama. Kesimpulan utama penelitian ini adalah bahwa CBT yang didukung oleh infrastruktur OSOL berperan penting dalam modernisasi sistem penilaian pendidikan Islam. Kontribusi teoretis mencakup kontekstualisasi penilaian digital dalam mata pelajaran berbasis nilai, sementara kontribusi praktis memberikan arahan bagi pemimpin madrasah dan pembuat kebijakan dalam mereplikasi inovasi serupa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang, implementasi lintas wilayah, serta strategi pelatihan guru dalam pengembangan soal digital

Published

2025-08-01

How to Cite

Fauzi, I., & Dhevin M.Q Agus Puspita W. (2025). Implementasi Ujian Pendidikan Agama Islam Berbasis CBT dalam Program One Student One Laptop di MTs. Zainul Hasan Balung. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 7(2), 181–194. https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6669

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.