Dinamika Pemikiran dan Respon Hasan Langgulung Terhadap Paradigma Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Sirojuddin UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Hasan Langgulung, Pendidikan Islam, Pemikiran, Respon

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemikiran-pemikiran Hasan Langgulung yang dianggap penting dalam proses pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Hasan Langgulung memiliki latar belakang psikologi yang luas, serta filsafat dan pendidikan. Berangkat dari hal tersebut, penulis menganggap sangat relevan jika tulisan ini memetakan pemikiran pendidikan yang digagas oleh Hasan Langgulung menuju pendidikan Islam. Adanya suatu pemikiran dalam konsepsi pendidikan diharapkan dapat menghasilkan pembaharuan bahkan solusi dalam pengelolaan pendidikan. Dalam perkembangannya, banyak konsep pendidikan yang ditawarkan oleh para ahli, sedangkan fokus penulis adalah mengkaji pemikiran-pemikiran Hasan Langgulung agar dapat menjadi pedoman dan solusi mutakhir dalam menghadapi proses penyelenggaraan pendidikan. Dalam kacamata lain, kegunaan konsep ini adalah untuk perspektif dalam konsepsi pendidikan. Metode ini menggunakan studi kepustakaan, penulis menggunakan pendekatan filsafat pendidikan dengan mengambil dari berbagai sumber referensi yang fokus pada konsep pendidikan dalam tinjauan filsafat pendidikan Islam. Temuan penelitian ini meyakini bahwa konsep pendidikan perspektif Hasan Langgulung seperti tujuan, kurikulum, psikologi, metode pembelajaran hingga evaluasi yang berbasis humanisme tentu akan memudahkan pelaku pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang luhur.

Published

2023-02-28

How to Cite

Sirojuddin, M., & Abu Bakar, M. Y. (2023). Dinamika Pemikiran dan Respon Hasan Langgulung Terhadap Paradigma Pendidikan Islam. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5(1), 31–47. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/3598