Dinamika Pemikiran dan Respon Hasan Langgulung terhadap Paradigma Pendidikan Islam

Penulis

  • Muhammad Sirojuddin Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya

Kata Kunci:

Pemikiran, Respon, Hasan Langgulung, Pendidikan Islam

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemikiran Hasan Langgulung yang dianggap penting dalam proses pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Hasan Langgulung memiliki latar belakang psikologi yang luas, serta filsafat dan pendidikan. Berangkat dari hal tersebut, penulis menganggap sangat relevan jika tulisan ini memetakan pemikiran pendidikan yang digagas Hasan Langgulung terhadap pendidikan Islam. Adanya pemikiran dalam pendidikan konsepsi diharapkan dapat menghasilkan pembaharuan dan bahkan solusi dalam pengelolaan pendidikan. Dalam perkembangannya, banyak konsep pendidikan yang ditawarkan oleh para ahli, sedangkan fokus penulis adalah menelaah pemikiran Hasan Langgraung sehingga dapat menjadi pedoman dan solusi terbaru dalam menghadapi proses penyelenggaraan pendidikan. Dalam lensa lain, kegunaan konsep ini adalah untuk perspektif dalam konsepsi pendidikan. Metode ini menggunakan studi library research, penulis menggunakan pendekatan filsafat pendidikan dengan mengambil dari berbagai sumber referensi yang berfokus pada konsep pendidikan dalam tinjauan filsafat pendidikan Islam. Temuan penelitian ini meyakini bahwa perspektif Hasan Langgulung, konsep pendidikan seperti tujuan, kurikulum, psikologi, metode pembelajaran hingga evaluasi berbasis humanisme tentu akan memudahkan pelaku pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang luhur.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Sirojuddin, M., & Abu Bakar, M. Y. (2023). Dinamika Pemikiran dan Respon Hasan Langgulung terhadap Paradigma Pendidikan Islam. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5(1), 31–47. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/3598