Peran Lembaga Pendidikan MTs Ma’arif NU Toruakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa
DOI:
https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i01.5984Kata Kunci:
Pembentukan Karakter, ReligiusAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah strategis dalam pembentukan karakter religius siswa di sekolah Lembaga Pendidikan MTs Ma’arif NU Toruakat, desa Toruakat, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini dirasa penting, mengingat secara geografis wilayah tersebut berada persis di daerah yang memiliki keragaman etnis, suku, golongan, hingga agama. Adapun penelitin ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi, yang akan mengungkap fakta sosial yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Lembaga Pendidikan MTs Ma’arif NU Toruakat di Kabupaten Bolaang Mongondow menempuh langkah-langkah diantaranya adalah menciptakan suasana yang religius. Hal ini dilakukan dengan penerapan konsep keilmuan berbasis Ahlus Sunnah wal Jamaah untuk membentuk dasar pemahaman agama yang kokoh, kewajiban menghafal juz 30 untuk mempererat keterhubungan siswa dengan Al-Qur’an; dan program Baca Tulis Hafal Quran (BTHQ). Adapun faktor pendukung dalam penerapan program tersebut di atas yaitu keberadaan guru-guru yang mempuni, baik dari karakter keagamaan itu sendiri, maupun dalam pengajarannya. Sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya fasilitas sarana prasaran yang ada di sekolah tersebut.