The Efektivitas Metode NYAJI (Nyanyi-Ngaji) Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran Nahwu

Penulis

  • Muhammad Syaifuddin Arif Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Ashif Az Zafi Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Muhammad Wazid Husni Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6438

Kata Kunci:

NYAJI, Kemampuan kognitif, Nahwu

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik metode NYAJI dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran Nahwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Sampel penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas 10 dan 11 dengan jumlah 466 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar tes untuk mengukur kemampuan kognitif. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney untuk kemampuan kognitif. Hasil dari penelitian ini menemukan jika kelas yang menggunakan metode NYAJI berbeda dengan kelas yang tidak menggunakan metode NYAJI, dimana kelas yang menggunakan metode NYAJI memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi.

Biografi Penulis

Ashif Az Zafi, Institut Agama Islam Negeri Kudus

Faculty of Tarbiyah, Department of Islamic Education

Muhammad Wazid Husni, Institut Agama Islam Negeri Kudus

Postgraduate of Islamic Education

Diterbitkan

2025-08-05

Cara Mengutip

Arif, M. S., Az Zafi, A. ., & Husni, M. W. (2025). The Efektivitas Metode NYAJI (Nyanyi-Ngaji) Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran Nahwu. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 7(2), 241–251. https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6438

Terbitan

Bagian

Articles