Digitalisasi dan Tantangan Moral

Strategi Guru PAI di SDN PasirBaru dalam Membentuk Karakter Siswa

Penulis

  • neng Suci Sekolah Tinggi Agama Islam Pelabuhan Ratu, Indonesia
  • Acip Sekolah Tinggi Agama Islam Pelabuhan Ratu, Indonesia
  • solahudin Sekolah Tinggi Agama Islam Pelabuhan Ratu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6804

Kata Kunci:

digitalization, character, teacher strategy, islamic education, moral challenges

Abstrak

Digitalisasi membawa dampak besar dalam pendidikan, khususnya pada pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dihadapkan pada tantangan moral yang muncul dari penggunaan media digital yang tidak terkontrol. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengkaji strategi guru PAI di SDN PasirBaru dalam membentuk karakter siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai Islam dalam konteks digital, pemanfaatan media pembelajaran yang tepat, keteladanan guru, dan kerja sama dengan orang tua merupakan strategi efektif dalam menghadapi tantangan moral era digital.

Kata Kunci: digitalisasi, karakter, strategi guru, PAI, tantangan moral

Biografi Penulis

Acip, Sekolah Tinggi Agama Islam Pelabuhan Ratu, Indonesia

STAI Pelabuhanratu,studi pendidikan agama islam

 

solahudin, Sekolah Tinggi Agama Islam Pelabuhan Ratu, Indonesia

STAI Pelabuhanratu, studi pendidikan agama islam 

Diterbitkan

2025-08-08

Cara Mengutip

Suci, neng, Acip, & Solahudin. (2025). Digitalisasi dan Tantangan Moral: Strategi Guru PAI di SDN PasirBaru dalam Membentuk Karakter Siswa. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 7(2), 278–287. https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6804

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.