SEATING ARRANGEMENT IN IMPROVING STUDENTS' SPEAKING SKILL AT IQRA BURU UNIVERSITY

Isi Artikel Utama

Riki Bugis

Abstrak

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seseorang dalam belajar bahasa inggris yaitu keterampilan berbicara. Manajemen ruang kelas yang berfokus pada pengaturan tempat duduk dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaturan tempat duduk dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa semester 2 pada jurusan Bahasa Inggris di Fakultas Sastra, Universitas Iqra Buru. Partisipasi dalam penelitian adalah dosen speaking dan mahasiswa semester 2 yang berjumlah 30 orang di Universitas Iqra Buru. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuasi experimental, dimana terdapat dua grup yaitu grup control dan grup eksperimen. Pengaturan tempat duduk berbentuk Orderly Rows  diimplementasikan kepada grup kontrol sedangkan untuk eksperimen berbentuk Circle. Data di kumpulkan dengan menggunakan dua jenis instrumen penelitianya knites dan rekaman. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 Hasil menunjukan bahwa pengimplementasian pengaturan tempat duduk dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam hal ini akurasi, fluensi dan komprehensi. Hal ini didukung oleh nilai rata-rata posttest (74.48) siswa lebih besar dari hasil pretest (56.07). Selain itu terdapat pula korelasi yang signifikan antara akurasi, fluensi dan komprehensi pada perkembangan keterampilan berbicara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Bugis, R. (2018). SEATING ARRANGEMENT IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT IQRA BURU UNIVERSITY. Al-Lisan: Jurnal Bahasa, 3(1), 79–92. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/375
Bagian
Articles