Using Local-Wisdom Literature in Teaching English through Text-Based Method on Merdeka Belajar Curriculum

Isi Artikel Utama

Rehan Halilah Lubis
Besse Darmawati

Abstrak

 



 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Halilah Lubis, R., & Darmawati , B. (2023). Using Local-Wisdom Literature in Teaching English through Text-Based Method on Merdeka Belajar Curriculum. Al-Lisan: Jurnal Bahasa, 8(2), 200–216. https://doi.org/10.30603/al.v8i2.3895
Bagian
Articles

Referensi

Abidin, Y. (2012). Model penilaian otentik Dalam pembelajaran membaca pemahaman Beroreintasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2).

Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. In Jurnal Filsafat Indonesia (Vol. 3, Issue 3).

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Kemdikbud, R. I. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Samsiyah, N., Maruti, E. S., & Nuryanti, R. (2021). Integrasi Aspek Afektif melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Muatan Kearifan Lokal untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Pascapandemi Covid-19. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 29–37.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.

Sinaga, G. P. H. (2015). “Dalihan Na Tolu” sebagai Katup Pengaman bagi Potensi Konflik dalam Masyarakat Batak Toba yang Berbeda Agama (Studi: Sidabariba Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun). Universitas Sumatera Utara.

Sudjana, N. (2021). Dasar dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan merdeka belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Suryaman, M. (2020). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28.

Taum, Y. Y. (2017). Pembelajaran sastra berbasis teks: Peluang dan tantangan Kurikulum 2013. Sintesis, 11(1), 12–22.

Umaya, N. M. (2017). Model Penemuan Konsep Berbasis Teks pada Pembelajaran Sastra. Indonesian Language Education and Literature, 2(2), 163–179.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).