Konstruksi Pendidikan Karakter Berbasis Islam

Studi Bedhol Bhawikarsu di SMAN 3 Malang

Penulis

  • Faridi Faridi University of Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v19i2.1065

Kata Kunci:

pendidikan karakter, nilai islam, Bedhol Bhawikarsu

Abstrak

Penelitian ini difokuskan pada proses pemahaman implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Malang melalui kegiatan Bedhol Bhawikarsu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh dan untuk siswa di komunitas pedesaan di bawah bimbingan pendidik. Di satu sisi, kegiatan ini dirancang dengan harapan menginternalisasi karakter nilai-nilai normatif pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini akan memahami desain dan implementasi model pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai normatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif dalam bentuk perilaku tertulis, lisan, dan dapat diamati. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan metode dokumentasi, dan kemudian dianalisis dengan analisis interaktif Miles dan Hubermann. Penelitian ini menyimpulkan pendidikan karakter melalui implementasi langsung Bedhol Bhawikarsu di masyarakat dapat menginternalisasi nilai-nilai seperti nilai-nilai kejujuran, toleransi, religiositas, patriotisme, kerja keras, dan kemandirian. Nilai-nilai karakter ini adalah bentuk nilai-nilai yang bersumber dari nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, pembangunan organisasi pendidikan karakter akan dapat diwujudkan melalui kegiatan yang mengungkap banyak nilai-nilai Islam untuk diinternalisasi pada siswa.

Diterbitkan

2019-11-18

Terbitan

Bagian

Articles