Integrasi keilmuan interdisipliner pada Kurikulum UIN Raden Fatah Palembang

Penulis

  • Ahmad Zainuri UIN Raden Fatah Palembang
  • K.A. Bukhori UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v19i2.1110

Kata Kunci:

IAIN Raden Fatah Palembang, epistemologi sains, UIN Raden Fatah Palembang, kurikulum, integrasi keilmuan

Abstrak

Artikel ini  memaparkan perubahan IAIN Raden Fatah Palembang menjadi UIN secara substansial terjadi perubahan dalam struktur bangunan keilmuan (epistemologi sains) didalamnya. Bangunan integrasi epistemologi sains yang dinamakan “rumah ilmu”. Konsep paradigma tersebut dijabarkan dalam empat ranah utama sebuah kurikulum yaitu ranah filosofis, materi, metodologi dan strategi. Dalam kaitannya dengan era Revolusi Industri 4.0 saat ini pentingnya paradigma integratif-interkonektif keilmuan di UIN Raden Fatah yang mensinergikan ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan-teknologi dalam prinsip tauhid, sehingga membentuk kesatuan kebenaran dan kesatuan pengetahuan.

Diterbitkan

2019-12-07

Terbitan

Bagian

Articles