Implementasi Pemikiran Afzalur Rahman tentang Produksi Berbasis Konsep Al-‘Adl dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen.

Penulis

  • M. Wahyuddin Abdullah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar
  • Faiz Almath Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar
  • Rahmawati Muin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v20i1.1159

Kata Kunci:

AFZALUR RAHMAN, PRODUKSI, 'ADL, KEPUASAN KONSUMEN

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemikiran Afzalur Rahman berbasis konsep al-‘adl dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian merupakan penelitian kualitiatif dengan pendekatan fenomenologi pada CV Sinar Permai di Konawe Sulawesi Tenggara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme produksi pada perusahaan tersebut telah meliputi proses material handling, skidding, dan transferring. Implementasi produksi berbasis konsep’adl telah diterapkan dengan nilai-nilai keadilan dalam semua kegiatan produksi, mulai dari penyediaan bahan baku, proses produksi, termasuk penggunaan tenaga kerja dalam kegiatan produksi. Implementasi produksi dalam meningkatkan kepuasan konsumen adalah memberikan jaminan keamanan, kenyamanan, kualitas pelayanan, dan menjamin barang hasil produksi yang diterima konsumen.

Diterbitkan

2020-05-20

Terbitan

Bagian

Articles