Pandangan dan Pengalaman Dosen UIN Alauddin Makassar dalam Upaya Mengantisipasi Gerakan Islam Radikal di Kalangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v16i2.160Kata Kunci:
Gerakan Islam Radikal di Kalangan Mahasiswa, UIN makassar, DosenAbstrak
Artikel ini dimaksudkan untuk mengisi kesenjangan keilmiahan tentang gerakan radikal di lingkungan kampus. Studi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melibatkan enam (6) orang dosen UIN Alauddin Makassar sebagai subjek penelitian. Dari hasil wawancara, ditemukan bahwa dosen memiliki pandangan yang sama tentang radikalisme dari segi positif dan negatifnya. Paham radikalisme ini berkembang karena diawali dengan pemahaman agama yang tidak mendalam dan di kalagan mahasiswa, perkembangannya difasilitasi oleh masih belum matangnya pola berfikir mahasiswa serta adanya keingintahuan yang besar. Pada dasarnya, seluruh responden menganggap isu ini adalah hal yang serius dan sering dibahas bersama mahasiswa. Perguruan tinggi dan para dosen juga didorong untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa agar terhindar dari perkembangan paham-paham radikal.