Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Ilmu Hikmah Pada Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa

Penulis

  • Abd. Syukur Abu Bakar UIN Alauddin Makassar dpk UIM

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v17i2.201

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Pendidikan, INSTITUT PARAHIKMA INDONESIA (IPI) GOWA, Gowa

Abstrak

Artikel ini mengelaborasi implementasi pendidikan karakter berbasis ilmu hikmah pada Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa. Hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter berbasis ilmu hikmah pada Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa selalu dikaitkan dengan lima pilar pengembangan yang pada awalnya telah didahului dengan penguatan pemahaman mahasiswa tentang hakikat penciptaan dirinya di muka bumi.Kendala yang dihadapi mencakup tiga aspek yang dalam hal ini ilmu hikmah yang belum memasyarakat, pemahaman dosen yang belum maksimal, serta keterbatasan mahasiswa dalam memahami akibat beberapa faktor. Solusinya kemudian adalah mengintensifkan integrasi ilmu hikmah pada lima pilar pengembangan dalam semboyang berperadaban, cerdas, dan termpil.

Diterbitkan

2017-12-01

Terbitan

Bagian

Articles