Managing Islamic Education to Overcome Juvenile Delinquency

Penulis

  • M. Rapi

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v15i2.208

Kata Kunci:

Juvenile Delinquency, Managing Islamic Education, education

Abstrak

Rekonstruksi pola pendidikan Islam merupakan suatu keharusan dalamĀ  menempatkan nilai-nilai dasar agama yang menyediakan lingkup pengembangan pendidikan Islam. Pendidikan adalah upaya untuk melestarikan, mentransfer dan mengubah nilai-nilai budaya dalam segala aspeknya yang baik untuk generasi muda. Pola pendidikan Islam dalam menanggulangi kenakalan remaja termasuk upaya untuk meningkatkan strategi pendidikan Islam mengenai masalah bagaimana pelaksanaan tujuan pendidikan dari proses pendidikan dengan melihat situasi dan kondisi, serta bagaimana untuk menjaga proses tersebut supaya berjalan tanpa hambatan, internal dan eksternal, dalam lingkungan kelembagaan atau sosial. Penerapan metode preventif (pencegahan), kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (karantina) sangat diperlukan untuk seorang pendidik atau sekolah penyelenggara untuk pembinaan generasi muda di sekolah-sekolah dapat difokuskan baik sehingga setidaknya mengurangi frekuensi perilaku negatif yang terjadi pada remaja.

Diterbitkan

2015-12-01

Terbitan

Bagian

Articles