Pembentukan Moderasi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam

Penulis

  • Abdul Haris Abdullah IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Shinta Nento IAIN Manado

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v21i1.2084

Kata Kunci:

Moderasi beragama, islam, perguruan tinggi

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada persepsi siswa untuk menggali dan mengukur elemen-elemen yang membentuk moderasi beragama. Ada sembilan faktor umum yang dipahami: pemahaman Islam, keseimbangan syariah, nilai-nilai kemanusiaan, pluralitas dalam agama, hak-hak kelompok minoritas, keterlibatan nasional, anti kekerasan, sikap persahabatan dan kurikulum pendidikan. Kesembilan faktor tampaknya saling terkait terlalu erat, dan oleh karena itu diperlukan sebuah tema untuk menyederhanakan dan membuatnya lebih dapat dioperasikan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi dan menggunakan pendekatan survey. Penelitian ini melibatkan 90 sampel. Teknik analisis data faktor-faktor tersebut menggunakan bantuan program komputer seperti software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesembilan faktor tersebut dapat direduksi untuk menghasilkan nama baru bagi tiga faktor utama, yaitu keragaman, perdamaian dan pendidikan. Ketiga sebutan faktor tersebut akan membantu mempermudah pendekatan dalam upaya menciptakan pemahaman moderasi di kalangan mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI).

 

 

Diterbitkan

2021-06-25

Terbitan

Bagian

Articles