Measuring The Accomodation of Sharia Principles in Determining the Pricing of Consumer Financing Products of BSM (Sharia Mandiri Bank)

Penulis

  • Syaparuddin Syaparuddin STAIN Watampone

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v17i1.21

Kata Kunci:

BSM, Consumer, Finance, Product, Pricing

Abstrak

Kajian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi penetapan pricing produk pembiayaan konsumen di BSM, agar nasabah dapat mengetahui apakah BSM memberikan perlakuan angsuran pembayaran pada produk pembiayaan konsumen sudah sesuai dengan prinsip syariah. Dalam menetapkan pricing pada produk pembiayaan konsumen, BSM menggunkan dua metode, yaitu: metode annuitas dan metode proporsional (flat). Basis konstruksi penetapan pricing pada produk pembiayaan konsumen di BSM, yaitu: (a) total angsuran per-bulan nasabah, yaitu: platfond pembiayaan, persentase marjin, dan jangka waktu, (b) angsuran pokok per-bulan nasabah, yaitu: total angsuran pokok per-bulan, dan marjin keuntungan, (c) angsuran marjin keuntungan per-bulan nasabah, yaitu: platfond, angsuran pokok, dan persentase marjin. Penetapan pricing tersebut perlu direvitalisasi karena (a) ada faktor pengembalian beban keuntungan bagi nasabah, (b) mengandung unsur gharar, dan (c) menggunakan paradigma bank konvensional dalam menetapkan pricing.

Diterbitkan

2017-06-01

Terbitan

Bagian

Articles