The Implementation of Character Education at Ar-Rahmah Integrated Islamic Elementary School of Makassar

Penulis

  • Syahruddin Syahruddin

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v15i2.210

Kata Kunci:

Education, Character, Learners, Teacher

Abstrak

Implementasi pendidikan karakter yang tercermin dalam QS Luqman ayat: 12 – 19  pada peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahma Makassar di integrasikan ke dalam seluruh program sekolah. Program tersebut, antara lain: terintegrasi dalam setiap mata pelajaran, melalui pengembangan budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, kerjasama antara orang tua peserta didik, menggunakan kartu kontrol (kartu yaumian) dan sarana komunikasi lewat group in website. Dampak pendidikan karakter pada peserta didik terlihat dari perilaku setiap hari: disiplin, melaksanakan shalat duha,  shalat duhur berjamaah, menjaga kebersihan lingkungan sekolah saling menghargai temannya, tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru, menjaga ketertiban dalam belajar, dan minta izin jika ingin keluar.

Diterbitkan

2015-12-01

Terbitan

Bagian

Articles