Kontribusi Sekolah Damai Sebagai Wujud Pelaksanaan Moderasi Beragama

Penulis

  • Moch. Tolchah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Kasim Yahiji IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Said Subhan Posangi IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Nur Ainiyah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v21i1.2199

Kata Kunci:

sekolah damai, moderasi beragama, sekolah menengah, Toleransi

Abstrak

Artikel ini berfokus pada kontribusi program sekolah damai sebagai salah implementasi strategi moderasi beragama di sekolah. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini diterapkan dengan menggunakan metode wawancara terstruktur dan studi dokumentasi di SMUN Sugihwaras Bojonegoro sebagai sekolah percontohan program sekolah damai. Data empiris mengilustrasikan konsep program sekolah damai, pelaksanaan program sekolah damai, dan kontribusi program sekolah damai sebagai strategi pelaksanaan moderasi beragama di sekolah. Penelitian ini menemukan bahwa program sekolah damai merupakan salah satu program yang sangat berkontribusi dalam mewujudkan pelaksanaan moderasi beragama di sekolah. program ini mengimplementasikan konsep moderasi beragama yang terfokus pada penanaman dan internalisasi nilai-nilai toleransi dan perdamaian. Program ini menyasar pada tiga pilar utama proses pendidikan yang terdiri dari kebijakan, praktek toleransi dan perdamaian di lingkungan sekolah, serta pengelolaan organisasi kesiswaan.   

Diterbitkan

2021-06-26

Terbitan

Bagian

Articles