Optimalisasi Seni dan Budaya dalam Mitigasi Teror dan Radikalisme

Penulis

  • Febriyando

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v21i2.2393

Kata Kunci:

Seni, budaya, Mitigasi Teror, radikalisme

Abstrak

Fokus artikel ini adalah upaya mengoptimalkan seni dan budaya dalam mitigasi terror dan radikalisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif merujuk pada studi Pustaka, primer dan sekunder, didesain, dipetakan berdasarkan pengolahan data referensi, untuk disajikan sebagai bahan komparasi yang terukur untuk kemudian diabstraksi, yang bertujuan untuk memahami kualitas pembelajaran seni dan budaya dalam mitigasi teror dan radikalisme. Hasil kajian menunjukan bahwa pembelajaran seni dan budaya tidak hanya sekedar pembelajaran yang berfokus pada pengetahuan yang sifatnya didaktif, namun juga berperan dalam membentuk perilaku yang humanis. Pembelajaran Seni dan budaya mampu mendorong produktifitas dalam menyatukan perbedaan. Potensi pembelajaran seni dan budaya dikembangkan dalam mitigasi terror dan radikalisme.

Diterbitkan

2021-12-12

Terbitan

Bagian

Articles