Pemanfaatan Teknologi Mobile Learning dalam Pengembangan Profesionalisme Dosen
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v17i2.240Kata Kunci:
professional’s lecture, Tri dharma Perguruan tinggi, Dosen, ProfesionalAbstrak
Dosen Profesional adalah profesionalisme dosen yang meliputi profesionalisme pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengembangan terhadap profesi dosen. Langkah penting yang dapat dilakukan lembaga pendidikan tinggi adalah dengan mengembangkan program pembinaan profesi dosen yang meliputi bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Program pengembangan dan pembinaan terhadap profesionalisme para dosen harus dipadukan dengan tuntutan ilmu, teknologi, seni yang berkembang secara ekpansif dan kualitatif. Pengembangan dan pembinaan profesi dosen ini dapat dilakukan melalui program-program pembinaan yang didasarkan pada analisa kebutuhan lembaga. Program-program dapat dikatakan berhasil apabila dalam diri dosen telah terjadi suatu proses transformasi dari program tersebut. Proses transformasi in dapat dilihat dari dua hal yaitu: (1) peningkatan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan (2) perubahan prilaku yang tercermin pada sikap, disiplin dan etos kerja.