Reorientation Of Islamic Higher Education Leaders in Dealing With The Global World
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v17i2.254Kata Kunci:
Islamic Higher Education, Globalization, LeaderAbstrak
Artikel ini difokuskan pada peran Pendidikan Tinggi Islam dalam menghadapi globalisasi. Dalam penelitian ini, penulis menyarankan bahwa dalam rangka mendukung upaya pengembangan dan kemajuan suatu bangsa, Pendidikan Tinggi Islam harus memiliki kaitan antara dunia sains, teknologi, dan kebutuhan masyarakat. Upaya ini terlihat dengan membina dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki pengetahuan dan wawasan teknologi dengan ketentuan kesalehan iman yang tetap berdasarkan nilai agama, moral, dan moral mulia sesuai dengan norma peraturan agama dan pemerintahan sehingga bisa menguasai, mengembangkan dan menerapkan apa yang diperoleh dari pendidikan tinggi Islam. Visi dan misi Pendidikan Tinggi Islam dapat dicapai dengan hubungan yang kuat antara dosen dan mahasiswa, karyawan dan lulusan yang diimplementasikan sesuai dengan tujuan serta tuntutan pemangku kepentingan atau pasar.