Model Kepemimpinan Ideal Pada Fak Tarbiyah dan Keguruan : Studi Kasus di IAIN Sultan Amai Gorontalo

Penulis

  • Herson Anwar
  • Lian G. Otaya

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v17i2.255

Kata Kunci:

servant leadersip model,, achievement of vision and mission, faculty of tarbiyah and teaching sciences

Abstrak

Artikel ini bertujuan menganalisis model kepemimpinan yang melayani dalam pencapaian visi dan misi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, mengingat model ini menjadi isu penting diterapkan para pemimpin pendidikan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif pendekatan mixed method oleh Creswell. Data primer diperoleh dari angket dan data sekunder dari wawancara dan dokumentasi. Sampel berjumlah 36 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sepuluh karakteristik model kepemimpinan yang melayani terdapat tujuh model yang dilaksanakan dengan baik yaitu mendengarkan, menerima orang lain dan empati, kesadaran, membangun kekuatan persuasif, kemampuan melayani, komitmen, dan membangun komunitas. Terdapat tiga model yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan meramalkan, konseptualisasi dan kemampuan menyembuhkan. Model kepemimpinan ini bukanlah sebuah solusi instan mengatasi permasalahan yang dihadapi pemimpin, namun bersifat jangka panjang yang hasilnya memberikan perubahan pencapaian visi dan misi secara komprehensif.

Diterbitkan

2017-12-01

Terbitan

Bagian

Articles