Peranan Komite dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Serta Implementasinya dalam Manajemen Berbasis Sekolah

Penulis

  • Muhammad Ihsan Dacholfany Universitas Muhammadiyah Metro
  • Anak Agung Oka Muhammadiyah Metro University
  • Iswati Muhammadiyah Metro University

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i2.2980

Kata Kunci:

Principal Leadership, School Committee Role, Implementation of School-Based Management

Abstrak

Artikel ini fokus pada peranan komite dan kemimpinan kepala sekolah dalam pengimplementasian manajemen berbasis sekolah. Penelitian kuantitatif ini mengunakan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMK Muhammadiyah se-Kota Metro yang berjumlah 70 guru sebagai sampel. Temuan pada artikel ini Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Muhammadiyah se Kota Metro Lampung yaitu sebesar 33,9%. Hal ini berdasarkan perhitungan persamaan regresi yang menggambarkan bahwa kenaikan secara bersama-sama dari skor kepemimpinan kepala sekolah dan skor peran komite sekolah berkecenderungan diikuti oleh kenaikan skor implementasi manajemen berbasis sekolah sehingga secara kuantitatif jika kedua variabel bebas tersebut dihubungkan secara bersama-sama terhadap variabel terikat, maka kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi sebesar 0,484, dan peran komite sekolah memberikan kontribusi sebesar 0,212 terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah pada arah positif dengan konstanta  29,408.

Diterbitkan

2022-12-14

Terbitan

Bagian

Articles