Implementasi Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Di MAN I dan MAS Al Muhsin Metro Lampung
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v22i2.3035Kata Kunci:
: Strategic Management, Education, Quality of EducatorsAbstrak
Artikel ini Fokus pada tahapan perumusan strategi, tahap implementasi strategi dan tahap evaluasi strategi di MAN dan MAS Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Sumber data adalah kepala Madrasah, wakil kepala Madrasah dan perwakilan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tahap perumusan strategi dilakukan dengan merumuskan visi, misi, tujuan dengan berlandaskan hasil kajian atas kondisi obyektif lingkungan internal dan eksternal, selanjutnya merumuskan rencana strategis dan profil Madrasah. 2) Tahap implementasi strategi dilakukan dengan menjabarkan perumusan strategi ke dalam kegiatan penyusunan struktur organisasi, pembagian tugas sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi, sosialisasi potensi Madrasah dan tenaga pendidik, pelaksanaan pendidikan dan latihan, melaksanakan studi lanjut, pengalokasian anggaran peningkatan mutu guru, serta melaksanakan pengembangan dan mutasi peningkatan karir guru. 3)Tahap evaluasi strategi dilaksanakan melalui uji kompetensi guru, penilaian kinerja guru dan sertifikasi guru.