Constructing Trust in Media Through Islamic Values: Countering Hoaxes and Disinformation

Penulis

  • Wahidah Suryani Komunikasi Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Andries Kango Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Andi Akifah Department of Communication, FISIP, Tadulako University

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v23i1.3441

Kata Kunci:

Media Islam; media dan komunikasi Islam; penanggulangan hoaks; penanggulangan disinformasi

Abstrak

Kajian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh peran dan kredibilitas media di tengah maraknya hoaks, berita palsu, dan disinformasi dalam beberapa tahun belakangan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode literatur. Untuk melakukan penelitian ini, tinjauan literatur ekstensif dilakukan melalui jurnal, buku, dan literatur lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam seperti kejujuran dan akuntabilitas dapat digunakan untuk melawan tipuan dan disinformasi, juga bisa mempromosikan komunikasi yang dapat dipercaya. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai ini, outlet media dapat memastikan pelaporan berita yang akurat dan mendapatkan kembali kepercayaan publik.

Diterbitkan

2023-06-15

Terbitan

Bagian

Articles