Implementasi PAI dalam konsep kurikulum integrative-implementatif untuk memperkuat dimensi profil pelajar pancasila

Penulis

  • Mujahid Damopolii IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ainiyah Ainiyah Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i2.3466

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila, kurikulum integrative-implementatif

Abstrak

 Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kontribusi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mewujudkan dimensi profil pelajar pancasila sebagai bagian penting dari tujuan yang ingin dicapai dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data yaitu studi pustaka. Data diperoleh dengan melakukan analisis terhadap buku, artikel, catatan, serta berbagai laporan yang terkait dengan permasalahan. Tehnik analisis data dilakukan dengan tehnik analisis kritis. Penelitian ini menunjukkan terdapat korelasi serta kontribusi yang nyata pembelajaran PAI dalam mewujudkan dimensi profil pelajar pancasila. Hal tersebut dapat dilihat dari tujuan mata Pelajaran PAI yaitu menciptakan peserta didik yang memiliki akhlak mulia yang tercermin dalam ketaatannya beribadah kepada Allah Swt dan perilaku sehari-hari, menjaga hubungan dengan sesama, dan lingkungan alam di sekitarnya bersinergi dengan dimensi profil pelajar pancasila. Sinergisitas tersebut bermakna bahwa keberhasilan pembelajaran PAI akan berdampak besar pula dalam keberhasilan mewujudkan profil pelajar pancasila sebagai salah satu rencana strategis kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun 2020-2024.

Diterbitkan

2022-12-05

Terbitan

Bagian

Articles