Pluralisme Berbasis Pendidikan Agama Guna Pencegahan Radikalisme Agama

Penulis

  • Abdul Rohman UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v16i2.36

Kata Kunci:

radikalisme, Pluralisme, Pendidikan Agama, Pendidikan, Nilai Pendidikan

Abstrak

Radikalisme telah menjadi fenomena akhir-akhir ini. Sejumlah kekerasan di beberapa daerah Indonesia merupakan bukti akan hal itu. Peristiwa-peristiwa tersebut terjadi di antaranya karena konflik dikarenakan faktor pluralitas. Persoalan-persoalan ini bila tidak diatasi, akan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa. Kajian ini akan membahas peran sekolah dalam mengembangkan keberagamaan siswa dalam merespon kenyataan pluralitas keagamaan di masyarakat, yang akan difokuskan pada bagaimana kurikulum dikonstruksi, pembelajaran dilakukan, dan kondisi. Dengan pendekatan kualitatif, studi kasus di SMA Madania Bogor Jawa Barat, studi ini menunjukkan bahwa sekolah yang menerapkan pendidikan agama berbasis pluralistik, cocok untuk menanamkan nilai-nilai pluralisme sehingga membentuk sikap toleransi dan inklusivitas siswa.

Diterbitkan

2017-06-07

Terbitan

Bagian

Articles