Model Prokrastinasi Akademik Pada Mahasantri: Analisis Struktural Equation Model
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v24i2.5623Kata Kunci:
Academic Procrastination, Peers’s Influence, Self Efficacy, Self-Regulated Learning, Structural Equation ModelingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji terbentuknya prokrastinasi akademik ditinjau dari f pengaruh teman sebaya dan efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan sampel 425 mahasantri dan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Prokrastinasi akademik diukur dengan Academic Procrastination Scale (α=0,971), regulasi diri dalam belajar diukur dengan Self-regulated Learning Questionnaire (α=0,937), Pengaruh teman sebaya diukur dengan Positive Peer Influence Inventory (α=0,882) dan efikasi diri diukur dengan General Self Efficacy (α=0,788). Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan nilai chi square = 131,924 (p < 0,05), GFI = 0,968, AGFI = 0,952, CFI = 0,994, TLI = 0,992, RMSEA = 0,030 dan NFI = 0,981.