Strategi Memanfaatkan Media Sosial dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa di SMA Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v24i2.6101Kata Kunci:
strategy, mobile phone, personality, students, Islamic educationAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan strategi penggunaan media sosial yang efektif dalam meningkatkan kepribadian siswa dari perspektif pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif, deskriptif, dengan model fenomenologis. Penelitian dilakukan pada siswa di SMAN 3 Parepare. Hasil penelitian penggunaan media sosial di kalangan siswa adalah untuk menjalin interaksi dengan sesama teman dan juga dengan guru, selain itu media sosial terkadang digunakan dalam proses pembelajaran sementara pembelajaran daring dilakukan. Selain itu, media sosial juga digunakan oleh mahasiswa untuk mencari literatur untuk menambah wawasan. memiliki implikasi terhadap kepribadian siswa, baik positif maupun negatif, sedangkan implikasi positifnya antara lain, membuat siswa lebih kreatif dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, siswa dapat berpartisipasi dalam diskusi yang dilakukan melalui media sosial. Dengan ini, siswa akan menjadi individu yang mandiri, mudah beradaptasi untuk bersosialisasi dengan orang lain dan mampu mengelola jaringan pertemanan.