Integrasi Nilai-Nilai Perilaku Anti Korupsi dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah: Reinterpretasi Tradisi Pendidikan Islam

Penulis

  • Saiful Bahri UIN Raden Intan Lampung
  • Ruswanto UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v24i2.6356

Kata Kunci:

Value integration, Anti-Corruption behavior, anti-corruption education, SKI Learning, Re-interpretation, Islamic educational traditions

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada integrasi nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di madrasah. Pendidikan dipandang sebagai instrumen strategis untuk membentuk karakter generasi muda yang berintegritas, dan madrasah memiliki peran krusial dalam menanamkan nilai-nilai moral Islam yang sejalan dengan prinsip anti korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses integrasi dan implementasi nilai-nilai perilaku anti korupsi dalam pembelajaran SKI di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi multikasus dan multisitus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai anti korupsi telah terintegrasi dalam kurikulum SKI di MI, MTs, dan MA, serta diimplementasikan melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang kontekstual dan partisipatif. Faktor pendukung implementasi meliputi dukungan kebijakan dan relevansi nilai-nilai Islam, sementara faktor penghambat antara lain keterbatasan waktu dan sumber daya.

Diterbitkan

2024-12-30

Terbitan

Bagian

Articles