Strategi Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Penulis

  • Yeti Heryati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdul Kosim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heri Gunawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Syaeful Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bustomi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Cecep Wahyu Hoerudi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v24i2.6405

Kata Kunci:

religious moderation, Indonesian language, character building, tolerance

Abstrak

Penelitian ini mengkaji strategi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Moderasi beragama yang menekankan toleransi, keseimbangan, dan penghormatan terhadap keberagaman sangat relevan dengan pembentukan karakter siswa dalam masyarakat Indonesia yang pluralistik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi kelas di SMA Cordova Bandung dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa guru bahasa Indonesia memanfaatkan metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, pembelajaran kontekstual, dan pembelajaran berbasis proyek untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan moderasi beragama ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat secara efektif memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter jika didekati melalui pedagogi kontekstual dan berbasis kehidupan.

Diterbitkan

2024-12-30

Terbitan

Bagian

Articles