Strategi Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v24i2.6405Kata Kunci:
religious moderation, Indonesian language, character building, toleranceAbstrak
Penelitian ini mengkaji strategi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Moderasi beragama yang menekankan toleransi, keseimbangan, dan penghormatan terhadap keberagaman sangat relevan dengan pembentukan karakter siswa dalam masyarakat Indonesia yang pluralistik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi kelas di SMA Cordova Bandung dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa guru bahasa Indonesia memanfaatkan metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, pembelajaran kontekstual, dan pembelajaran berbasis proyek untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan moderasi beragama ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat secara efektif memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter jika didekati melalui pedagogi kontekstual dan berbasis kehidupan.