Development of Interpersonal Learning Models in Islamic Religious
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v24i2.6652Kata Kunci:
keterampilan interpersonal, , Pendidikan Agama Islam, model pembelajaran dikembangkanAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan interpersonal pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang layak dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian R&D. Data diperoleh dengan expert judgement terhadap model prototipe yang dikembangkan, observasi terhadap penerapan model pembelajaran yang dikembangkan, dan respon siswa pada saat uji coba lapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP di Indonesia dengan sampel sebanyak 116 orang yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini memperoleh model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan interpersonal yang layak dan praktis, dibuktikan dengan 1) rata-rata jumlah validasi ahli 3,76 atau dalam kategori sangat tinggi, 2) penilaian penerapan model di lapangan adalah 0,8 atau dalam kategori sangat baik, dan 3) rata-rata skor tanggapan siswa terhadap penerapan model ini adalah 0,8 atau dalam kategori sangat baik.Kata Kunci: Gunakan huruf Garamond 11 italic, 3-5 kata penting yang mewakili tulisan, disusun urut secara alphabetic.