Filosofis Equilibrasi dalam Konsep Pendidikan Islam Relevansinya Bagi Akselerasi Pengembangan Nilai Kepribadian dalam Konteks Ke-Indonesiaan

Penulis

  • Wahyudin Wahyudin filosofis education
  • Nurul Mahmudah
  • Dedi Wahyudi

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v19i2.826

Kata Kunci:

Philosophy, Acceleration, Harmony, personality

Abstrak

Artikel ini menjelaskan tentang Filosofis equilibrasi dalam konsep pendidikan Islam mengacu pada prinsip dasar yaitu insan sempurna bertujuan mendapatkan kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Tujuannya  konsep  Islam untuk mengajarkan keseimbangan antara individu, sosial, jasmani dan rohani,  dengan harapkan tidak terjadi ketimpangan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Teori yang digunakan; pengembangan kepribadian yang dinamis, didukung teori proses penye-imbangan individu dan sosial dan diilhami konsep pendidikan Islam. Metode kajian ini menggunakan kepustakaan serta bersifat deskriptif kualitatif, analisis data fenomenologi. Studi ini mendeskripsikan pengalaman manusia dan memaparkan pandangan hidup secara filosofis mengenai nilai kerpibadian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akselerasi filosofis pengembangan nilai Kepribadian dalam kehidupan masyarakat, dengan cara pendekatan persuasif sebagai kekuatan yang berfungsi mendekatkan setiap warga dalam hidup bemasyarakat.

Diterbitkan

2019-10-21

Terbitan

Bagian

Articles