Strategi Pengelolaan Pendidikan Madrasah Aliyah Muhammadiyah di Gorontalo

Penulis

  • Muhammad Ramoend Manahung IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v19i2.827

Kata Kunci:

madrasah, Muhammadiyah, Pengelolaan, Gorontalo

Abstrak

 Artikel ini menganalisa penerapan strategi pengelolaan pendidikan madrasah di Kota Gorontalo. Studi ini fokus pada pengelolaan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo adalah proses penerapan strategi pengelolaan kurikulum dan proses penerapan strategi pengelolaan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi pengelolaan pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gorontalo. Pertama, penerapan strategi pengelolaan kurikulum terdiri atas perencanaan yakni pelaksanaan aktivitas perencanaan kurikulum selalu melibatkan semua unsur, kepala madrasah ikut mendampingi mengatasi kesulitan, pengawasan/penilaian menunjukkan hasil evaluasi tahap akhir (tes semester ganjil) cukup baik. Kedua, penerapan strategi pengelolaan Sumber Daya Manusia yaitu guru dan pegawai tampil profesional dalam hal: kedisplinan waktu kehadiran, kepulangan, dan kerapian, melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dan profesionalisme guru dalam mengelola kelas serta perubahan perilaku peserta didik.

Diterbitkan

2019-12-01

Terbitan

Bagian

Articles