Problematika Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Pondok Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang

Penulis

  • St Wardah Hanafie FAI Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Muhammad Siri Dangnga FKIP Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Abdul Halik Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Jabal Rahmah Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v19i2.848

Kata Kunci:

peserta didik, MTS Pondok Pesantren Modern Darul Falah, Pare - pare

Abstrak

Artikel ini mengemukakan problematika pendidik dan peserta didik merupakan pelaku pembelajaran sehingga penting berinteraksi secara edukatif, kondusif, efektif, dan efisien. Peserta didik sebagai generasi penerus, penting dibekali pendidikan keagamaan (PAI) agar memiliki integritas kepribadian. Keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran PAI dipengaurhi oleh kreativitas, komitmen, dedikasi, dan kompetensi pendidik melaksanakan pembelajaran. Hal tersebut penting dikaji problem pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran, problem pembelajaran PAI, dan solusinya atas problem tersebut. Penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Temuan di lapangan meliputi, yaitu: problem pendidik adalah kompleksitas karakter peserta didik; terbatasnya waktu pembelajaran; penguasaan materi pelajaran; ketersediaan perangkat pembelajaran; keterbatasan infrastruktur pembelajaran; penguasaan strategi dan metode pembelajaran; partisipasi kepada pelatihan dan pertemuan ilmiah; dan padatnya kegiatan di pondok; Problem peserta didik yaitu Strategi dan metode pembelajaran yang monoton; tingginya materi ajar; strategi menghafal; motivasi bersaing; dan kurang disiplin.

Diterbitkan

2019-10-23

Terbitan

Bagian

Articles